Penangkapan Harun Masiku, Eks Penyidik KPK Optimis

stocknesia

0 Comment

Link
Penangkapan Harun Masiku: Eks Penyidik KPK Berikan Optimisme

Penyidik KPK Yakin Bisa Tangkap Buron Harun Masiku

Jakarta – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai dapat menangkap Harun Masiku yang telah menjadi buronan selama 4,5 tahun. Hal ini diungkapkan oleh mantan Penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap.

“Saya yakin tim penyidik tambahan yang dipimpin AKBP Rossa Purbo Bekti bisa menangkap Harun Masiku,” ujar Yudi dalam keterangannya, Selasa (18/6/2024).

Keyakinan Yudi didasarkan pada pengalaman AKBP Rossa dalam menangkap buronan kasus korupsi seperti Samin Tan, Nurhadi, Rezky Herbiyono, dan Hiendra Soenjoto. Selain itu, Rossa juga pernah terlibat sebagai penyelidik dalam operasi tangkap tangan (OTT) suap komisioner yang melibatkan Harun Masiku.

“Kita doakan saja Harun Masiku cepat tertangkap,” harap Yudi.

Berdasarkan laporan Majalah Tempo, Harun Masiku sempat berulang kali bolak-balik Jakarta-Singapura tanpa tertangkap. Ia menggunakan berbagai cara untuk keluar masuk Indonesia.

Pada 6 Januari 2020, Harun Masiku pergi ke Singapura menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor GA 832. Ia juga membeli dua tiket penerbangan berbeda, GA 824 dan GA 830, untuk mengelabui petugas.

Setelah tiba di Singapura pada 14.20 waktu setempat, Harun Masiku hanya menetap selama satu hari. Saat akan pulang ke Indonesia pada 7 Januari 2020, ia kembali memesan lebih dari satu tiket pesawat, Lion Air JT 155 dan Batik Air ID 7156.

Harun Masiku kemudian memilih naik Batik Air dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 17.03. Kedatangannya terekam kamera pengawas.

Saat itu, Harun Masiku terlihat mengenakan kaus lengan panjang biru tua, celana dan sepatu hitam, serta menenteng tas laptop dan kantong belanja. Ia kemudian dijemput oleh seorang pria berseragam dan melintasi pos pemeriksaan imigrasi dan bea cukai.

Setelah keluar dari area kedatangan, Harun Masiku menaiki taksi Silver Bird Toyota Alphard menuju apartemennya di Thamrin Residence. Keberadaannya kemudian terlacak oleh tim penindakan KPK di depan Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, namun upaya penangkapan gagal.

(MUTIA YUANTISYA)

Artikel ini disadur dari Eks Penyidik KPK Yakin Harun Masiku Bisa Ditangkap

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar